Latest News

Monday, July 17, 2017

Dua Pesan Terpenting Malaikat Tuhan Untuk Penduduk Dunia

Dua Pesan Terpenting Malaikat Tuhan Untuk Penduduk Dunia


Seorang pengamat media berkata bahwa di era komunikasi digital yang sangat hemat ini, kita sangat kebanjiran berita, memori pikiran kita tidak mampu menampung semua berita tersebut dan lebih buruk lagi bahwa perubahan situasi dunia cepat sekali berubah, kondisi ini membuat banyak manusia menjadi tidak perduli lagi kepada  apa yang terjadi di dunia ini, mereka lari kepada dunia hiburan.Konsekuensi banjir media ini membuat orang kehilangan (lebih parah lagi melewatkan begitu saja) pesan yang sangat penting bagi keselamatan dirinya sendiri.
Dua berita ini sangat penting untuk dibaca, dimengerti dan diingat, sebab mereka bukan sekedar berita penting, bukan juga sekedar berita-berita dari malaikat, tetapi dua berita ini adalah berita terpenting dari malaikat Tuhan untuk penduduk dunia!
Alkitab mencatat banyak sekali kejadian dimana Tuhan, Allah yang hidup, menyampaikan pesan-pesan-Nya melalui para malaikat. Dari sekian banyak pesan penting yang telah dibawa oleh malaikat terdapat dua pesan Tuhan terpenting untuk penduduk dunia. Dua pesan ini saling berkaitan namun saling bertolak belakang, yang pertama kabar baik dan yang berikutnya adalah kabar buruk, namun keduanya mempunyai tujuan yang sama: menolong manusia menggenapi rancangan Tuhan  yang indah dan kekal  atas kehidupan mereka, Sebab Aku ini mengetahui rancangan-rancangan apa yang ada pada-Ku mengenai kamu, demikianlah firman TUHAN, yaitu rancangan damai sejahtera dan bukan rancangan kecelakaan, untuk memberikan kepadamu hari depan yang penuh harapan. (Yeremiah 29:11)
Pada pelajaran Alkitab ini pembaca akan belajar:
  • rencana Tuhan yang indah kepada penduduk dunia
  • kasih dan rahmat Tuhan yang begitu besar kepada kita
  • keadilan dan kekudusan Tuhan yang sempurna
  • bagaimana mengenali Allah yang benar dan palsu
Tujuan pelajaran Alkitab: memperisapkan orang untuk siap menyambut kedatangan Isa al-Masih yang kedua.
Pesan malaikat terpenting yang pertama kepada penduduk dunia.
Malaikat Tuhan
Malaikat Tuhan memberitakan kelahiran Isa al-Masih
Tiba-tiba berdirilah seorang malaikat Tuhan di dekat mereka dan kemuliaan Tuhan bersinar meliputi mereka dan mereka sangat ketakutan.Lalukata malaikat itu kepada mereka: “Jangan takut, sebab sesungguhnya aku memberitakan kepadamu kesukaan besar untuk seluruh bangsa: (Lukas 2:9-10, )
Inilah pembukaan dari pesan pertama terpenting malaikat Tuhan kepada penduduk dunia, ”Jangan takut, sebab sesungguhnya aku memberitakan kepadamu kesukaan besar untuk seluruh bangsa:”
15 bulan sebelum kabar ”kesukaan besar” ini, Gabrile, malaikat Tuhan meyampaikan kabar baik yang lain“Akulah Gabriel yang melayani Allah dan aku telah diutus untuk berbicara dengan engkau dan untuk menyampaikan kabar baik ini kepadamu. (Lukas 1:19, ). Inipun kabar penting dan kabar baik, khususnya untuk imam Zakharia dan Elisabet, isterinya.
Pesan Gabriel kepada Zakharia adalah bahwa doa mereka telah terjawab, mereka akan melahirkan seorang bayi laki-laki yang kelak akan menjadi nabi yang memperiapkan jalan bagi tuannya, ia akan membuat banyak orang Israel berbalik kepada Tuhan, Allah mereka,dan ia akan berjalan mendahului Tuhan dalam roh dan kuasa Elia untuk membuat hati bapa-bapa berbalik kepada anak-anaknya dan hati orang-orang durhaka kepada pikiran orang-orang benar dan dengan demikian menyiapkan bagi Tuhan suatu umat yang layak bagi-Nya.” (Lukas 1:16-17, ). Tuhan sendirilah yang memberi nama putra dari Zakharia-Elizabet: Yokhanan (Yohanes)yang berarti ”murah hati.” Pengajaran ”pegampunan dosa melalui pertobatan dan anugerah (kemurahan hati Tuhan) dimulai dari pelayanan Yohanes ini. Ia dikenal sebagai Yohanes Pembaptis.
Setelah pesan Gabriel kepada Zakaria di atas, enam bulan kemudian, pada bulan yang keenam menurut kalender Yahudi, Gabriel menyampaikan pesan Tuhan kepada Maria: “Jangan takut, hai Maria, sebab engkau beroleh kasih karunia di hadapan Allah.Sesungguhnya engkau akan mengandung dan akan melahirkan seorang anak laki-laki dan hendaklah engkau menamai Dia Yesus. (Lukas 1:30-31, )
Ketika Yesus (Isa al-Masih) ini lahir pada malam itu juga pesan malaikat terpenting pada injil Lukas 2:9-10 di atas terjadi. Apakah pesan terpenting ”untuk seluruh bangsa” yang dibawa oleh malaikat iniInilah pesannya:
Hari ini telah lahir bagimu Juruselamat, yaitu Kristus, Tuhan, di kota Daud. (Lukas 2:11, )Baru saja Gabriel selesai menyampaikan pesan Tuhan ini tiba-tiba dilangit terjadi sesuatu: Dan tiba-tiba tampaklah bersama-sama dengan malaikat itu sejumlah besar bala tentara sorga yang memuji Allah, katanya:“Kemuliaan bagi Allah di tempat yang mahatinggi dan damai sejahtera di bumi di antara manusia yang berkenan kepada-Nya.” (Lukas 2:13-14, )
Pujian para malaikat sorga kepada Allah atas kelahiran Isa al-Masih:
  • mereka mumuji Tuhan, Allah yang berdiam di sorga.
  • kabar baik bagi manusia di bumi, bagi mereka yang berkenan kepada-Nya
Disini kita perlu bertanya, kenapa kalahiran Isa membuat para tentara sorga memuji Tuhan sedemikian rupa? “Bukankah Isa hanya sekedar nabi biasa?,” mungkin Anda bertanya. Jawabannya ada kitab Kejadian pasal 3, pemberontakan Adam dan Hawa kepada Tuhan di Taman Eden. Iblis telah berhasil mendustai manusia pertama. Manusia terputus hubungannya dengan Pencipta mereka. Di Taman Eden ini juga Tuhan membuat keputusan yang sangat besar untuk masa depan: 1. menghancurkan Iblis melalui BENIH Hawa dan  2. melalui BENIH yang sama ini mengembalikan manusia (yang berkenan kepada-Nya) kembali kepada posisinya yang semula: kudus dan benar di mata-Nya.
Keadilan Tuhan dan dosa manusia. Kejadian 3:7 mengatakan bahwa Adam dan Hawa ketika mereka SADAR bahwa mereka telanjang, mereka membungkus diri mereka dengan daun sebagai pakaian dalam. Namun pada ayat 21 Tuhan membuat pakaian untuk mereka dari kulit binatang. Usaha manusia untuk menutup dosanya sendiri tidak mencapai standard kekudusan TUHAN, dengan kasih dan kemurahan-Nya yang besar Tuhan mengorbankan sebuah binatang untuk memakai kulitnya untuk menutupi ”ketelanjangan (baca: dosa-dosa) mereka. Pada sisi lain, keadilan dan kekudusan-Nya mengharuskan Dia mengusir kedua manusia yang Ia sangat kasihi. Sekalipun manusia diciptakan oleh jari-jari Tuhan sendiri (yang lainnya hanya melalui perkataan-Nya) dan terbentuk serupa dengan ”gambar dan rupa” Allah (Kejadian 1:26-27), dan ”sungguh amat baik” (ayat 31), dihidupkan oleh nafas Allah (Kej. 2:7) namun keadilan Tuhan tidak dapat membatalkan perkataan-Nya: ”jangan makan buah ’terlarang,’ engkau makan, pastilah engkau mati” (Kej. 2:16-17), upah dosa adalah terbuang dari hadirat Allah, mati rohani!
Kasih Allah kepada Dunia. Penumpahan darah untuk menutupi ”ketelanjangan manusia”di Taman Eden ini adalah  gambaran fisik dari rencana mulia Tuhan untuk mengorbankan Isa al-Masih mati berlumuran darah di kayu salib – sebagai Juruselamat manusia  – untuk meghapus dosa-dosa keturunan Adam dan Hawa. Darah binatang, bahkan darah dan jawa manusia sekalipun tidak dapat menghapus dosa manusia, hanya darah Tuhan (Isa al-Masih) yang bebas dari dosa  dapat melakukannya, sebagaimana pesan yang disampaikan oleh malaikat sorga ini: Lalu kata malaikat itu kepada mereka: “Jangan takut, sebab sesungguhnya aku memberitakan kepadamu kesukaan besar untuk seluruh bangsa:Hari ini telah lahir bagimu Juruselamat, yaitu Kristus, Tuhan, di kota Daud. (Lukas 2:10-11, )Lagu Kesukaan Bagi Dunia (Joe To The World) terinsipirasi dari pesan malaikat ini.
Sekarang kita mengerti mengapa berita kelahiran Isa al-Masih adalah kabar terpenting dan suka cita bagi penduduk dunia, sebab itu merupakan tanda bahwa rencana TUHAN untuk ”menghancurkan Iblis” dan ”memulihkan hubungan manusia dengan Diri-Nya sendiri sudah mendekati kenyataan.  Inilah sebabnya Yohanes Pembaptis, pemersiap jalan Tuhan Isa al-Masih, mengkotbahkan ”pertobatan dan pengampunan dosa melalui anugerah.” Berita pertama dari malaikat ini di dikenal dengan sebutan ”berita Kabar Baik” (news of the Good News) atau ”berita Injil.” Injil terjemahan dari Euaggelion (bahasa Yunani) yang berarti “kabar baik,” dalam hal ini kabar baik tentang penebusan  dosa melalui Isa al-Masih.
Pesan tiga malaikat terpenting yang kedua kepada penduduk dunia.
Dan aku melihat seorang malaikat lain terbang di tengah-tengah langit dan padanya ada Injil yang kekal untuk 
Tiga malaikat Tuhan pembawa pesan terpenting bagi dunia
diberitakannya kepada mereka yang diam di atas bumi dan kepada semua bangsa dan suku dan bahasa dan kaum, (Wahyu 14:6, )
Berita yang dibawa oleh malaikat ini masih berkumandang sampai sekarang, pesan ini sangat berhubungan dengan pesan terpenting pertama di atas, yakni berita Kabar Baik yakni pengampunan dosa melalui pengorbanan Isa al-Masih di kayu salib, dan para martir Isa al-Masih. Baca ayat 1-5.
Pesan terpenting kedua dari malaikat  ini adalah pengabaran peringatan dan teguran keras dari Tuhan kepada semua penduduk dunia yang BELUM bertobat, masih belum MENERIMA tawaran Isa al-Masih: anugerah pemgampunan dosa yang Tuhan telah berikan melalui pengorbanan nyawa Isa al-Masih.
Teguran keras Tuhan tersebut melalui malaikat-Nya berbunyi:
dan ia berseru dengan suara nyaring: “Takutlah akan Allah dan muliakanlah Dia, karena telah tiba saat penghakiman-Nya, dan sembahlah Dia yang telah menjadikan langit dan bumi dan laut dan semua mata air.” (Wahyu 14:7, ). Terjemahan Latin Vulgate dan Arab memakai ”Tuhan” sebagai ganti ”Allah.” (John Gill, Expostion of the Entire Bible)
Perigatan keras dari malaikat pertama di atas memiliki dua inti:
  1. Sembahlah dan muliakanlah hanya Allah yang hidup dan benar saja, yakni Allah Pencipta langit dan bumi dan semua mata air
  2. Penghakiman-Nya telah tiba. Versi King James: the hour of His judgment is come.
Dua ayat selanjutnya (ayat 8 dan 9) menerangkan alasan dari teguran keras tersebut dan ayat 10 serta 11 (juga Wahyu 19:3) adalah hukuman kekal yang berat bagi mereka yang terlibat di dalam perbuatan ayat 8 dan 9.
Dan seorang malaikat lain, malaikat ketiga, menyusul mereka, dan berkata dengan suara nyaring: “Jikalau seorang menyembah binatang dan patungnya itu, dan menerima tanda pada dahinya atau pada tangannya,maka ia akan minum dari anggur murka Allah, yang disediakan tanpa campuran dalam cawan murka-Nya; dan ia akan disiksa dengan api dan belerang di depan mata malaikat-malaikat kudus dan di depan mata Anak Domba. (Wahyu 14:9-10, )
Penyembahan kepada manusia dan berhala dalam segala bentuk, termasuk bentuk ‘Allah’ harus dihentikan. Kita mengenal banyak sekali Allah, masing-masing agama mempunyai Allahnya sendiri, tetapi Allah Pencipta Dunia hanya lah satu, ‘Allah lainnya hanyalah ciptaaan tangan manusia dan sebagian lagi ciptaan TUHAN (seperti: matahari, bulan, bintang, bumi dsb.) yang dijadikan sebagai “Allah-allah” oleh manusia.
Perhatikan bahwa malaikat pembawa berita terpenting yang kedua ini membawa ”Injil yang kekal untuk diberitakannya” (ayat 6), jadi teguran keras Allah ini mengatakan bahwa penduduk dunia harulah menyembah Allah sesuai yang tertulis dan diberitakan di “Injil yang kekal” tersebut. Pesan dari Injil yang kekal ini dapat dibaca di Alkitab. Alkitab juga memiliki kitab yang berjudul Injil; empat buah kitab Injil tersebut ialah Matius, Markus, Lukas dan Yohanes.
Di luar Alkitab ada juga banyak kitab bernama Injil, namun keaslian penulisnya diragukan, mereka bukan murid-murid Isa al-Masih. Injil-injil palsu ini ditulis setelah abad ke dua Setelah Masehi.
Ada banyak ajaran agama palsu, Wahyu pasal 14 ini berbicara tentang ajaran “kota Babel.” Pasal 13, 17 dan 18 dan juga 19:3 dan 20 menerangkan siapakah kota Babel dan pemimpinnya ini. Alkitab bahasa Inggris menulis “she” untuk “kota Babel” dan “he” untuk “pemimpin dari kota Babel.”
Malaikat di Wahyu 14 mengatakan bahwa ajaran agama dari “kota Babel” ini adalah penyembahan berhala. Binatang di sini adalah pemimpin agama tersebut, sedangkan tanda (materai) binatang  pada dahi atau tangan manusia adalah tanda dari “orang yang mengakui dan tunduk di bawah otoritas binatang / pemimpin agama palsu tersebut. Alkitab menyebut pemimpin agama palsu yang kelak akan menguasai seluruh dunia ini dengan panggilan “Anti-Kristus,” namanya mengandung angka “666.”
Teguran keras Tuhan ini ditutup dengan kalimat nasehat dan perkataan Roh Kudus:  Yang penting di sini ialah ketekunan orang-orang kudus, yang menuruti perintah Allah dan iman kepada Yesus. Dan aku mendengar suara dari sorga berkata: Tuliskan: “Berbahagialah orang-orang mati yang mati dalam Tuhan, sejak sekarang ini.” “Sungguh,” kata Roh, “supaya mereka boleh beristirahat dari jerih lelah mereka, karena segala perbuatan mereka menyertai mereka.” (Wahyu 14:12-13)
Roh Kudus memberikan tiga kalimat kunci untuk kita bisa berhasil menang dari masa yang jahat ini (pemaksaan menyembah kepada Anti-Kristus dan patungnya):
  • Ketekunan (orang-orang kudus)
  • Menuruti peringah Allah
  • Beriman kepada Yesus (Isa al-Masih)
Kesimpulan:
  1. Pesan terpenting pertama adalah Injil (Kabar Baik); Isa al-Masih telah membuat jalan penghubung (yang telah terputus oleh karena dosa-dosa kita) antara TUHAN dan kita. Menerima Isa sebagai Juruselamat dan Tuhan kedalam hidup kita akan menggembalikan kita kepada Allah yang benar.
  2. Pesan terpenting kedua adalah peringatan untuk hanya menyembah Allah yang sesuai dengan ajaran Injil yang kekal (Injil Isa al-Masih, Injil Yesus Kristus). Ada banyak Injil yang palsu (tidak kekal) di akhir jaman ini. Injil yang palsu tentunya mengajar Isa al-Masih yang palsu. Isa yang palsu tidak akan bisa membawa kita kepada kebenaran dan kekudusan yang sejati. Isa yang benar berkata: Kata Yesus kepadanya: Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorangpun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku.(Yohanes 14:6).
  3. Tujuan dari kedua pesan ini adalah satu: TUHAN, Allah yang hidup ingin menyelamatkan semua manusia dari dosa-dosa mereka, melalui pertobatan kita dan pengakuan kita bahwa Isa al-Masih adalah Juruselamat kita, sehingga kelah ketika hari Kiamat tiba, kita bisa ada bersama-sama TUHAN di sorga.
Artikel lain yang membahas kitab Wahyu pasal 14:

Source : https://pendalamanalkitab4muslim.wordpress.com/

No comments:

Post a Comment